Visi dan Misi

Visi

Menjadikan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur pada tahun 2025 sebagai pusat pengembangan pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis kearifan tradisional Komering, mencetak calon pendidik yang memiliki komitmen tinggi terhadap profesi kependidikan, profesional, yang berakhlakul karimah, berlandaskan iman, ilmu dan unggul di tingkat lokal dan nasional sesuai kurikulum Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja.

Misi

Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesi STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur adalah:

  1. Membentuk manusia seutuhnya (beriman, bertaqwa, berilmu) dan sarjana pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai calon pendidik yang memiliki komitmen tinggi terhadap profesi kependidikan.
  2. Melaksanakan pembelajaran yang berlandaskan iman, ilmu dan akhlakul karimah, sesuai kurikulum Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja.
  3. Melaksanakan pendidikan serta pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang berkualitas agar mampu bersaing di tingkat lokal maupun nasional, berbasis kearifan tradisional Komering dengan mengetengahkan rangkaian kegiatan seputar kajian Komering.
  4. Mengembangkan berbagai multi media serta inovasi pembelajaran.
  5. Melaksanakan kegiatan penelitian untuk meningkatkan kualitas pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia dan menumbuhkembangkan pembelajaran Bahasa Komering minimal untuk tingkat satuan pendidikan dasar.
  6. Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk kerja sama dengan sekolah peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia dan penumbuhkembangan pendidikan Bahasa Komering.

Tujuan

  1. Menyiapkan tenaga pendidik Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki kemampuan teoritik dan praktik dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
  2. Menyiapkan tenaga pendidik yang mampu menerapkan, mengembangkan dan melahirkan format ideal pendidikan, baik untuk anak didik maupun masyarakat secara umum berdasarkan iman, ilmu dan akhlakul karimah,
  3. Menyiapkan tenaga pendidik yang berkualitas dan profesional di bidangnya,
  4. Menyiapkan tenaga pendidik yang mampu bersaing secara lokal maupun nasional yang berlandaskan pada kualitas,
  5. Menyiapkan tenaga pendidik yang mampu berinovasi dalam kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.